RAT KOPKAR Ubaya 2013 Datangkan Trust pada Stakeholders

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, Koperasi Karyawan Universitas Surabaya (KOPKAR UBAYA) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) pada tanggal 30 Maret 2013 di Ruang B.1.1 Ubaya Ngagel. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang rutin diadakan untuk mempertanggungjawabkan laporan keuangan KOPKAR UBAYA. Selain itu para anggota juga mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi, pendapat, dan masukan agar perjalanan KOPKAR UBAYA dapat berjalan lebih baik lagi.

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Koperasi, pembukaan RAT 2013 oleh Ketua Umum KOPKAR Ubaya yaitu Drs ec H Sri Mince Endramawan SH MM. Beliau juga menegaskan,”RAT merupakan syarat mutlak dari suatu koperasi yang sehat agar semuanya transparan dan kita dapat menjaga trust pada stakeholders“.

Pada kesempatan kali ini, hadir pula Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Drs Hadi Mulyono MM. Dalam pidato singkatnya, beliau memuji kinerja KOPKAR Ubaya, yang telah masuk dalam koperasi terbaik tingkat se-Jatim. Beliau juga menegaskan bahwa RAT yang sudah dilaksanakan ini harus dapat menjawab bagaimana koperasi nantinya, akan dapat menjawab tantangan zaman kedepannya.

Turut memberi sambutan, Prof Ir Joniarto Parung PhD selaku Rektor Ubaya menyampaikan, “Setelah RAT semangat harus tetap tinggi karena kekuatan, keahlian, kemampuan dan semangat akan menjadi modal utama.” Selain itu beliau juga menuturkan harapannya bahwa KOPKAR membuat rencana kerja kedepan dan tujuan tercapai sehingga semua ambil bagian sebagai  anggota. Setelah itu, acara resmi dibuka dengan pengetukan palu.

Memasuki inti acara, rapat dibagi menjadi tiga sesi sidang yaitu sidang pleno I, sidang pleno II, dan sidang pleno III. Pada sidang pleno I, dipilih pimpinan sidang sementara dan pimpinan RAT serta pengesahan Quorum RAT. Yang selanjutnya dibahas dan disahkan jadwal kegiatan dan pengesahan tata tertib RAT. Pada sidang pleno II, dibahas laporan-laporan dari pengurus dan badan pengawas pada tahun buku 2012, yang dilanjutkan dengan penyampaian program kerja pengurus dan RAPB 2013. Tidak lupa penyampaian sistem perhitungan untuk SHU 2013 pun disampaikan pada kesempatan kali ini. Pada sidang pleno III, beberapa anggota memberi pandangan umum mereka, yang setelah itu Ketua Umum KOPKAR memberikan tanggapan atas pandangan tersebut.

Setelah serangkaian kegiatan tersebut, barulah disahkan laporan-laporan dari pengurus, badan pengawas, dan program kerja serta sistem perhitungan SHU tahun 2013. Inti dari RAT tahun 2013 ini juga untuk mengevaluasi puas tidaknya kinerja pada tahun 2012. Tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti rencana kerja dan program kerja pengawasan. Dari rapat ini nantinya dapat dijadikan sebagai pedoman bagi pelaksanaan fungsi pengawasan oleh Badan Pengawas terhadap bidang-bidang dan lingkup kerja KOPKAR Ubaya. Pada akhir acara dilakukan pembagian door price kepada peserta RAT 2013 yang hadir.  (faz)