Kepercayaan Anggota adalah Kunci Keberlangsungan Koperasi

Koperasi secara naturenya merupakan badan usaha ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama dan kesejahteraan bersama. Konsep koperasi beda dengan bank. Kerap terdapat anggota koperasi yang tidak mengetahui bahwa dirinya merupakan anggota, melainkan melihat dirinya sebagai nasabah seperti di perbankan.

Koperasi sendiri diminta untuk menjaga trust anggota untuk tetap melakukan simpanan. Dalam hal ini pengurus harus dapat menginformasikan posisi dan peranan anggota di dalam koperasi. Karena pada hakikatnya terdapat jurang perbedaan yang substansial antar bank dan koperasi. Likuiditas bank pun juga akan goyah jika anggotanya melakukan tindakan rush.

Banyak yang dia melihat dirinya nasabah, bukan anggota. Rasa koperasinya tidak ada, karena anggotanya tidak ada sehingga memengaruhi penarikan

Agus Santoso, Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKMĀ 

Jadi marilah bantu koperasi anda agar makin berkembang dan mampu bertahan di masa pandemi seperti ini. Karena pada dasarnya koperasi menganut asas demokrasi dan kekeluargaan.

Salam sehat!