Hasil Rapat Umum Anggota

Sabtu, 1 Maret 2014 tercatat sebagai hari yang bersejarah bagi Koperasi Karyawan Universitas Surabaya, dimana pada hari tersebut telah sukses dilaksanakan Rapat Umum Anggota dengan agenda puncak adalah pemilihan ketua umum baru periode 2014-2018. Rapat dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Koperasi Indonesia. Dilanjutkan dengan pidato Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Surabaya bapak Hadi Mulyono.

Dalam pidatonya Hadi Mulyono menyampaikan bahwa Koperasi Karyawan UBAYA dalam masa kepengurusan 2010-2014 lalu telah banyak mendapatkan prestasi-prestasi antara lain sebagai koperasi terbaik unsur non fungsional. Berbagai penghargaan tersebut hendaknya tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan agar Koperasi Karyawan UBAYA ini semakin maju. Diakhir pidatonya, beliau menyampaikan agar siapapun nantinya yang menjadi Ketua Umum dan Pengurus Koperasi Karyawan UBAYA pada periode 2014-2018 hendaknya mampu mempertahakan prestasi tersebut lebih-lebih menjadikan koperasi ini lebih berprestasi lagi.

Selanjutnya sambutan Rektor Universitas Surabaya dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor III Universitas Surabaya, Bapak Yusrambono. Dalam pidato Rektor yang dibacakannya, Yusrambono mengatakan dengan berbagai prestasi yang diperoleh oleh Koperasi Karyawan UBAYA ini hendaknya tidak meninggalkan esensi pendirian koperasi ini untuk mensejahterakan anggotanya yang notabene adalah karyawan Universitas Surabaya. Rektor UBAYA dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Rektor III juga memberikan catatan (“tantangan”) dalam bentuk pertanyaan kritis “Apakah sejauh ini koperasi karyawan ini telah mampu mensejahterakan anggotanya disamping prestasi-prestasi yang telah dicapainya?“.

Pidato selanjutnya disampaikan oleh Ketua Umum Koperasi Karyawan UBAYA periode 2010-2014 Bapak Sri Mince Endramawan. Dalam pidatonya Pak Mince menyampaikan bahwa prestasi-prestasi yang diperoleh oleh Koperasi Karyawan UBAYA ini tak lepas dari semua usaha yang dilakukan oleh anggota bersama pengurus. Sinergi antara anggota dan pengurus yang harmonis inilah yang membuat Koperasi Karyawan ini solid. Dalam sambutannya juga Pak Mince memaparkan jumlah pertumbuhan anggota, simpanan anggota, keuangan dan berbagai pertumbuhan kegiatan-kegiatan koperasi lainnya.

Pidato selanjutnya disampaikan oleh Ketua Dewan Pengawas Koperasi Karyawan UBAYA periode 2010-2014 Bapak Didik Widitrismiharto. Dalam sambutannya Pak Didik memberikan catatan hal-hal yang perlu diperbaiki oleh Koperasi salah satunya adalah perlunya peningkatan kinerja para pengurus untuk bekerja lebih baik lagi. Selain itu Pak Didik juga mengingatkan agar kepengurusan baru nantinya dapat belajar dengan cepat terkait implementasi Undang-undang perkoperasian yang baru.

Acara berikutnya adalah memasuki sessi persidangan dengan agenda pengesahan tata tertib, pembacaan pertanggungjawaban pengurus lama, dan pemilihan ketua umum periode 2014-2018. Sedikit terjadi perbedaan pendapat dalam pembahasan tata tertib RUA ini. Namun kesemuanya dapat terselesaikan secara aklamasi dengan sebagaian besar anggota menyepakati tata tertib yang telah dibuat oleh Steering Committe. Dengan demikian, setelah melihat hasil penjaringan dukungan Bakal Calon Ketua Umum Koperasi Karyawan Universitas Surabaya dimana perolehan Bakal Calon Bapak Sri Mince Endramawan adalah satu-satunya yang mampu mendapat dukungan lebih dari 100 anggota maka secara mutlak Bapak Sri Mince Endramawan ditetapkan sebagai calon tunggal dan secara otomatis ditetapkan sebagai Ketua Umum Koperasi Karyawan UBAYA periode 2014-2018.