Pembagian SHU Anggota KOPKAR UBAYA

Oleh:
Drs.ec. Sri Mince Endramawan, S.H., M.M.
Ketua Umum Kopkar Ubaya 2014-2018

Sesuai dengan amanat AD/ART Kopkar Ubaya pasal 36 bahwa Sisa Hasil Usaha yaitu pendapatan Kopkar Ubaya, yang diperoleh dalam waktu I (satu) tahun buku dikurangi dengan beban pembiayaan rutin, nilai penyusutan dan kewajiban-kewajiban lainnya dalam tahun buku tersebut. Pada tahun 2014 ini, SHU dibagikan melalui Koordinator masing-masing mulai tanggal 15 Juli 2014.

Seiring dengan berkembangnya usaha di koperasi, SHU yang dibagikan sebesar 530 juta dan dibagikan kepada 776 anggota. Jumlah SHU yang dibagikan memang cukup signifikan meskipun jumlah tabungan anggota mengalami peningkatan masih sebesar 7% dari tahun sebelumnya.

Pola pembagian SHU tidak ada perbedaan karena sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan AD/ART, sedangkan secara teknis ada sedikit perbedaan mengenai penambahan kolom SHU Aktifitas. SHU Aktifitas diperhitungkan dari prosentase tertentu dari jumlah SHU bidang simpan pinjam dan usaha toko untuk memberi penghargaan kepada anggota yang aktif melakukan transaksi di kedua bidang usaha tersebut.

Pada tahun 2013, kami hanya memperhitungkan keaktifan anggota di usaha toko saja, dan penerimaannya juga diberikan secara manual (dalam amplop tersendiri). Untuk kali ini, kami mencoba mengintegrasikan dalam software yang tercantum pada kolom SHU Aktifitas, meskipun masih ada ±160 orang anggota yang terpaksa harus diberikan secara manual (dalam amplop) dikarenakan belum sempurnanya software yang telah ada.

Selain SHU, anggota juga menikmati bingkisan lebaran yang kami terimakan dalam berupa barang yaitu minyak goreng, gula, susu, teh, dan kopi. Sistem pembagian bingkisan adalah dengan mengambil kupon melalui koordinator dan kemudian menukarkan kupon tersebut di toko Ngagel atau Tenggilis.

Kedepan, kami selalu optimis bahwa akan dapat membagikan SHU kepada anggota, oleh karenanya dukungan dan peran aktif dari anggota dalam kegiatan usaha yang ada di Kopkar Ubaya selalu diharapkan. Selamat menikmati SHU dari Kopkar Ubaya, selamat menjalankan ibadah puasa, dan selamat menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1435H. Kami atas nama pengurus, mohon maaf lahir dan bathin.