Pada Kamis, 31 Maret 2016 bertempat di Ruang Pertemuan B.1.1. Kampus Ngagel, Rapat Anggota Tahunan Kopkar Ubaya untuk Tahun Buku 2015 diselenggarakan dengan dihadiri oleh 98 anggota. Acara yang dibuka oleh Rektor Universitas Surabaya, Bapak Joniarto Parung menegaskan bahwa Rapat Anggota Tahunan menjadi pertemuan yang sangat penting bagi sebuah koperasi karena anggota dapat mengambil bagian dan memberikan masukan. Selain itu RAT merupakan refleksi setahun apa yang sudah dikerjakan dan memikirkan untuk yang akan dikerjakan tahun mendatang.

Rektor juga berharap dari peningkatan kesejahteraan anggota dapat berdampak sehingga Kopkar Ubaya dapat menjadi mitra lembaga dalam peningkatan kesejahteraan karyawan. Apabila kopkar lebih maju maka beban lembaga lebih ringan. Dengan kreatifitas dan inovasi dari kopkar dalam meningkatkan usaha yang dimiliki diyakini dapat memberikan kesejahteraan anggota.  Kesempatan sambutan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surabaya yang langsung disampaikan oleh bapak Hadi Mulyono memberikan apresiasi kepada Rektor Ubaya yang telah memberikan pembinaan kepada Kopkar Ubaya sehingga menjadi yang terbaik dan percontohan Kopkar di Surabaya.

Selain itu bapak Hadi berpesan perlunya Kopkar Ubaya dapat memberikan peluang bagi karyawan yang telah memberikan kontribusi dalam pendirian dan membesarkan Kopkar Ubaya, sehingga Kopkar menjadi media silaturahmi bagi karyawan yang sudah pensiun dan yang masih aktif. Kopkar juga perlu melakukan evaluasi ketika tidak ada kepuasan anggota, dimana kepuasan koperasi adalah kepuasan anggota mendapatkan layanan yang mudah dan harus sesuai dengan konsep dari, oleh dan untuk anggota harus sesuai dengan trust. Perlu ada masukan dari anggota sehingga ketika terjadi pergantian pengurus kopkar dapat tetap berkelanjutan kedepan dalam segala aspeknya.

Agenda sidang RAT yang merupakan acara pokok dipimpin oleh Amirul Ulum dengan Sekretaris Kristoforus H.A. serta perwakilan anggota Ign. Samuel Untung dari Fakultas Teknik. Dalam rangkaian tersebut disampaikan laporan Badan Pengurus Harian yang disampaikan  oleh Ketua Umum, bapak Sri Mince Endramawan dan laporan Badan Pengawas yang disampaikan oleh bapak Ahmad Zafrullah Tayibnapis dilanjutkan dengan pandangan umum anggota. Pada kesempatan ini Azis Qodri dari Fakultas Teknik menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Kopkar Ubaya. Selain tiu juga memberikan masukan terkait keanggotaan Badan Pengawas dari Fakultas Teknik semenjak ditinggalkan oleh alm. Sis Soesetijo belum ada yang menggantikan. Selain itu adanya tuntutan dari anggota agar Kopkar juga menurunkan bunga pinjaman.

Pandangan umum kedua diberikan oleh bapak Utomo dari sub sistem Perpustakaan, menyoroti upaya Kopkar untuk melakukan peningkatan kesejahteraan karyawan Kopkar, misalnya gaji untuk pengemudi. Pandangan umum ketiga disampaikan oleh Agus Susilo adri sub sistem Ngagel, yang memberikan masukan agar dalam laporan keuangan dapat menambahkan analisa proyeksi keuangan koperasi. Setelah agenda pandangan umum, pengurus Kopkar memberikan tanggapan yang salah satunya adalah terkait perwakilan anggota Badan Pengawas dari Fakultas Teknik, maka sesuai  pasal 28 ayat 4,  apabila berhenti atau meninggal dunia,  maka perlu diputuskan dalam RAT. Pada  saat itu juga dalam forum RAT usulan dari peserta RAT menyetujui bapak Azis Qodri untuk menjadi badan pengawas dari Fakultas Teknik. Acara RAT Tahun Buku 2015 ini diakhiri dengan pengesahan laporan Badan Pengurus Harian, Badan Pengawas, Program Kerja Tahun 2016 dan Perhitungan SHU tahun 2016 dan dilanjutkan dengan pembagian doorprize dari Kopkar Ubaya dan mitra Kopkar.

RAT 2016 KOPKAR UBAYA, Harapan untuk lebih kreatif dan inovatif.
Tagged on: