Studi Banding Anggota Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kandep Dikbud Kota Medan Ke Kopkar Ubaya

Seluruh anggota Koperasi Karyawan Universitas Surabaya (Kopkar Ubaya) sedang berbahagia karena kadatangan tamu dari Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kandep Dikbud Kota Medan. Jajaran Pengurus Harian dan Badan Pengawas Kopkar Ubaya dengan senang hati menyambut kedatangan tamu, dan dapat menggali informasi satu sama lain. Dalam pertemuan ini, 8  orang hadir dari Medan menuju Kampus II Ubaya.

Acara yang dilaksanakan pada tanggal 22 September 2016 yang bertempat di Ruang Diskusi, Gedung Perpustakaan Ubaya lantai 4 menjadi kunjungan pertama  KPN Kandep Dikbud Kota Medan. Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke Ubaya, KPN Kandep Dikbud Kota Medan sempat melihat berkembangan Kopkar Ubaya melalui website. Berkat hasil yang baik oleh Kopkar Ubaya, membuat KPN Kota Medan untuk datang dan sharing ilmu serta wawasan.

Dalam pembukaannya, Drs. Syafaruddin, M.Pd selaku sekretaris Koperasi Pegawai Negeri Kandep Dikbud Kota Medan, memperkenalkan para pengurus KPN Kandep Dikbud Kota Medan. “Koperasi Ubaya sangat bagus, sehingga membuat kami tertarik untuk berkunjung dan menggali ilmu lebih dalam agar memajukan dan mengembangkan koperasi kami di Kota Medan,” ujar Syarifuddin.

Diskusi yang dibahas mengenai bentuk usaha Kopkar, mulai dari mekanisme simpan pinjam, penyewaan mobil, penyewaan bis pariwisata, penjualan tiket, dan lainnya. Tak hanya itu, visi misi, sejarah dan kepengurusan turut dibicarakan oleh kedua belah pihak. Sejak awal diskusi ini, terlihat antusiasme hadirin dalam penyampaian materi.

Seusai penyampaian materi, tibalah saatnya forum diskusi kedua belah pihak. Dalam diskusi ini, terjadi umpan balik antara KPN Kandep Dikbud Kota Medan dengan Kopkar Ubaya. Keduanya saling memberikan masukkan dan kritikan dari para anggota demi kelangsungan Koperasi yang lebih  baik dan unggul. Dari sesi ini terlihat sekali bahwa informasi yang didapat sangat menarik“Saya berharap agar Kopkar Ubaya tetap menjadi terbaik dan selalu meningkat mutunya demi kemajuan anggota dan juga agar anggota merasa nyaman,” tutup Mince dengan jelas.